Background

Taman Ayun

Pecinta Travelling, Jangan Pernah Bosan Untuk datang dan Menikmati Keindahan Pulau Bali. Berbagai panorama alam, seni dan budaya ditawarkan dipulau ini.

Jika anda sedang berada di daerah Badung tepatnya Kabupaten Mengwi, anda bisa mengunjungi obyek wisata Taman Ayun. Pura dengan taman yang indah ini memang cukup berbeda dengan pura-pura lain di bali. 

Karena disini anda bisa mengunjungi kemegahan pura sekaligus tempat wisata keluarga Kerajaan Mengwi yang dibangun pada tahun 1634 oleh Raja Pertama Mengwi.

Taman Ayun termasuk salah satu obyek wisata warisan budaya dunia yang diakui UNESCO. 

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau anda dapat menikmati keindahan dan kemegahan arsitektur Bali dalam tiap pahatan bangunannya.

Seperti umumnya tempat suci di Bali, Pura Taman Ayun dibagi menjadi tiga area atau Mandala. Pada area Nista Mandala atau disebut dengan Jaba Pisan merupakan area terluar dari Pura Taman Ayun. Pada sisi kanan terdapat wantilan yang biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan ataupun pementasan seni. Kemudian disisi kiri ada air mancur yang mengarah ke sembilan penjuru mata angin. Selain itu hamparan hijau rumput yang tertata rapi menyegarkan suasana pura.

Sedangkan area kedua disebut Madya Mandala atau Jaba Tengah, merupakan area tengah  pura. Disini terdapat balai pertemuan yang disebut Aling-Aling Pengubengan dan Balai Kulkul. Suasana asri dan tertata rapi masih mewarnai keindahan area ini.

Nah area terakhir adalah area Utama Mandala atau Jeroan. Area ini letaknya paling tinggi diantara area lainnya. Area ini merupaka area utama dari keseluruhan obyek wisata Taman Ayun. Tapi anda hanya bisa menyaksikan dari luar karena pura ini dibuka hanya pada saat Upacara Piodalan. Namun jangan khawatir, pecinta traveling dapat menikmati keindahan sekeliling pura yang dikelilingi oleh kolam air.

Sebelum masuk ke area obyek wisata Taman Ayun, anda bisa menyaksikan koleksi karya seni  Ogoh-Ogoh terbaik di Bali. Ogoh-Ogoh yang merupakan karya seni patung yang menggambarkan kepribadian Butha Kala dalam ajaran Hindu yang berwujud raksasa yang diarak pada saat Hari Raya Pengrupukan serangkain Nyepi di Bali.

Selain itu toko-toko cindera mata dapat anda kunjungi disepanjang jalan menuju Pura Taman Ayun. Jika ingin berkunjung ke Daerah mengwi, Taman Ayun menjadi tempat yang cocok bagi anda Pecinta travelling.

Categories: Share

Leave a Reply