Background

Keunikan Nama (Depan) Orang Bali

Bali sudah terkenal keseluruh dunia dengan segala keunikannya yang membuat orang dari seluruh dunia ingin mendatanginya untuk sekedar ingin tahu.

Bali merupakan sebuah pulau kecil yang indah. Keunikan panorama dan budayanya membuat Bali menjadi eksklusif dan dikenal sebagai pulau impian untuk berwisata.

Bali memiliki banyak keunikan bahkan hampir di setiap desa di bali memiliki tradisi, keunikan, adat istiadat dan budaya sendiri.
 

Wisatawan yang datang ke bali pastinya sudah banyak yang mengetahui bahkan hafal keunikan bali, tapi ada satu keunikan lagi di bali yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, yaitu nama depan orang bali tersebut.

Nama depan orang bali tersebut memiliki arti sendiri, yaitu mengidentitaskan orang tersebut anak keberapa. Misalnya saja anak pertama pasti memiliki nama depan wayan, tapi bisa juga yang lain seperti putu atau gede. Berikut ini keunikan nama depan orang bali.

1. Wayan/Putu/Gede
Untuk anak pertama di bali baik lelaki atau perempuan pasti memiliki nama depan wayan atau putu atau gede. Jadi misalkan saja anda kenal dengan orang bali dan namanya Wayan Chenjaya pasti dia adalah anak pertama.

2. Nengah/Kadek/Made
Untuk anak kedua, nama depan orang bali pasti berisi kata nengah atau kadek atau made, misalkan saja anda bertemu dengan orang bali yang namanya Nengah Armini dia pasti anak kedua. Nama depan made/nengah/kadek juga berlaku untuk laki - laki dan perempuan.

3. Komang/Nyoman
Kalau orang bali yang memiliki nama depan komang atau nyoman adalah anak ke tiga, misalnya namanya Nyoman Wirayuni, berarti dia anak ke tiga.

4. Ketut
Yang terakhir adalah nama orang depan bali ketut, ini khusus untuk anak ke empat, dan ini termasuk yang paling gampang di ingat. Karena orang bali yang merupakan anak ke empat cuma punya 1 pilihan nama depan, yaitu ketut. Misalkan saja namanya ketut Setiawan maka dia adalah anak keempat.

Semua nama depan orang bali diatas berlaku untuk cewek dan cowok, bedanya kalau yang cowok berisi tambahan hrup (i) dan akhiran namanya pasti memiliki hurup (a), misalkan namanya I Wayan Chenjaya, maka dia adalah anak pertama dan seorang cowok, dan kalau yang cewek memiliki tambahan hurup (ni) didepannya dan memiliki nama lengkap yang berakhiran (i), misalkan namanya Ni Nyoman Wirayuni, maka dia adalah anak ke tiga dan seorang perempuan.

Categories: Share

Leave a Reply